Keindahan Pendakian Gunung Sumbing Jalur Garung 3371 Mdpl

Unggulnya Mt Sumbing 3371 Mdpl Bukti Nyata Tuhan Cinta Seni

Indahnya Malam Penuh Bintang di Gunung Sumbing

Travel - Mt Sumbing 3371 Mdpl Bukti Nyata Tuhan CintaSeni,  Itulah kalimat yang saya luapkan untuk mengaggumi suatu karya ciptaan tuhan yang tiada henti nya merubah rasa kagum saya menjadi rasa ingin tahu yang tinggi, kalimat tersebut pantas tercipta dengan jujur tanpa dusta sama sekali semenjak saya membuktikanya sendiri dengan menginjak tanah wonosobo bersama rekan sekolah. Teman sayapun tidak luput dari rasa kagumnya dengan gunung yang tegak berdiri setinggi 3371 mdpl tsb yang terletak di berbagai kabupaten, salah satunya adalah kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.
Walau saya belum memulai pendakian dan hanya melihat dari basecamp garung saja terlihat nyaman hijaunya bukit-bukit kecil yang mengelilinginya. Tak ayal banyak orang menyebut bahwa serpihan surga masih banyak di Tanah Air ini, hanya saja mereka yang belum tahu atau terbiasa dengan hiburan kota-kota besar yang sesak akan uang dan kepuasan sesaat yang belum mampu mendengarkan ajakan alam untuk menyambanginya.

Jalur pendakian garung, jalur cepat nan terjal. 

Plang sambutan basecamp Sumbing via Garung Sekilas waktu kebelakang, saya memulai pendakian ke Mt Sumbing dengan memilih rute jalur Garung sebagai sarana pendakian saya bersama rekan. Jalur ini disebut sebagai jalur yang tingkatanya cukup berat tetapi cukup dekat pula mencapai tujuan. Sesuai namanya jalur ini terletak di desa Garung, kabupaten Wonosobo. Sebenarnya masih banyak jalur lainya contohnya  seperti jalur Kaliangkrik.

 Hanya saja banyak orang yang bilang ini jalur paling cepat menuju tujuanya.  Walaupun terbilang berat tetapi tidak menutupi keuggulan keindahanya diantara jalur lainya. Semua akan terbayar, lelah punggung dengan beratnya keril dan sepatu yang mengusam para pendaki akan lepas dan terobati sesaat sampai di beberapa pos pendakian.

Mengapa Sumbing menjadi pilihan liburanmu? dan jalur garung menjadi pilihan jalur pendakian?

Harga simaksi yang masih terbilang murah dibanding gunung lainya.

  Seperti biasa sebelum mendaki kita membayar iuran yang telah resmi oleh tim sar sekitar yang bertugas menjaga segala aktivitas para pendaki dan mendata para pendaki yang datang, dan iuran tersebut wajib kita bayar di basecamp sebelum mendaki, dan apabila tidak membayar kita dianggap sebagai pendaki ilegal yang sangat beresiko kemanan dan kenyamanan pendakianya karna tidak mengisi data.

   Tidak seperti gunung lainya yang telah mahal mematok harga simaksi. Gunung sumbing dapat digolongkan murah untuk gunung dengan tingkat eksotisnya yang berkarakter, harga simaksi terakhir saya mendaki adalah Rp; 10.000 rupiah. Dengan uang tersebut kita dapat menginap satu atau dua hari di basecamp tersebut dengan fasilitas WC dan listrik yang memadai. Disini terdapat pula layanan warung yang menyediakan berbagai maknan dan kopi hangat, selain itu terdapat jasa menyewa perlengkapan mendaki seperti kompor, tenda, senter dan tabung gas mini . Tetapi tidak menjamin harga berlaku untuk seterusnya, harga bisa saja berubah.

Masih bisa dimanjakan dengan Ojeg warga sekitar.

  Dijalur garung anda dapat merasakan sedikit keringingan untuk mencapai tujuan, anda dapat menyewa  Jasa antar jemput Ojeg  warga yang selalu stay di basecamp Garung Route. Hanya saja harganya berbeda untuk yang pergi atau berangkat. Jika kita pergi kita perlu mengeluarkan kocek Rp; 25.000 tetapi untuk turun kita hanya mengeluarkan kocek Rp; 15.000, berlaku untuk pergi dari basecamp menuju pos 1 atau sebaliknya. Tapi anda boleh saja memilih untuk berjalan menuju pos1 jika anda rasa mampu dengan jarak waktu tempuh 2 jam jika gesit.

Pemandangan kebun sayur yang indah dari basecamp menuju pos 1.

   Tak lepas dari rasa nyaman, walau masih menuju Pos 1 pun anda dapat dimanjakan oleh hijaunya tanaman kebun warga sekitar yanv memberi aroma yang khas layaknya sambutan selamat datang untuk keindahan berikutnya.

Dapat menikmati panasnya gorengan dan aneka minuman hangat di pos 1.

   Untuk anda yang belum sempat bersantap mempersiapkan tenaga untuk daya mendaki. Tenang saja, di pos 1 masih ada warung yang berbentuk gubug sederhana, yang menawarkan menu sederhana pula seperti mi instan, nasi goreng, gorengan dan lainya. Minumanya pun dapat menghilangkan rasa haus anda hilang bagi anda yang memilih berjalan kaki menuju pos 1. Jadi anda bisa menghemat logistik makanan bawaan anda untuk perjalanan berikutnya.

Bersiap bermalam di atas ribuan lampu kota dan dibawah abstraknya bintang di Pos Prestan ketinggian 2437Mdpl.



Pemandangan Malam dengan cahaya kota Gunung Sumbing
  
Seperti cerita dongeng yang tak absurd yang dapat menikmati malam dengan penuh bintang dan cahaya lampu kota dengan gunung yang menjulang tinggi di depanya. Ya, disinilah anda dapat merasakan hal tersebut. Pos prestan dapat menjadi pilihan ideal mendirikan tenda untuk bermalam anda, hanya saja pos ini tidak dianjurkan bagi anda yang mendaki disaat cuaca tidak mendukung, karena tidak adanya poho-pohon yang dapat menopang tenda atau flysheet anda.

Indahnya Gunung Sumbing yang damai
Menikmati Cahaya Kota Malam hari dengan dinginya suhu gunung sumbing sekitar 9 derajat Celcius.

Tak afdol rasanya hanya tidur untuk mempersingkat pagi menyambut waktunya sumit, luangkan sedikit waktu untuk menikmati hilir angin yang sejuk nan syahdu ditemani kopi hangat dan bergurau dengan rekan atau kenalan baru tenda sebelah.
Bermalam di Tenda dengan view keren
photo by: @bayusatrion
Disinilah anda dapat melihat bahwa alam menyimpan keindahan tersembunyi disaat rakyatnya sedang terlelap tidur dengan kasur empuk nan hangat. Tidak ada salahya anda membuat perapian yang jauh dari rerunputan.




Bangun untuk sumit dan rasakan kejutan dari sang surya dan sindoro.

Pemandangan Sunrise Pagi di Gunung Sumbing
Sambutan pagi dari sikembar Sindoro


Saat waktu nenunjukan pukul empat subuh waktu yang ideal bagi anda yang hendak melanjutkan pendakian menuju puncak, disaat mata masih suntuk berkantung dan dinginya membuat tubuh menolak untuk keluar tenda, maka bangunlah dan sarapan bersiaplah untuk kejutan berikutnya.

Sang surya akan segera berpentas dengan menerangi kota yang terang menjadi redup digantikanlah sinarnya yang hangat dan nampak gagah gunung  kembaranya yaitu Sindoro memberikan secuil semangat untuk terus melanjutkan perjalanan.

Mensaksikan karya tuhan di ketinggian 3371Mdpl (Puncak Buntu)

Pemandangan Puncak Buntu di Atas Awan Gunung Sumbing

Terbentang hijaunya savana rumput dan mantapnya lekukan-lekukan gunung sindoro membuat siapapun terkagum oleh lukisan karya tuhan yang satu ini. Dipuncak ini kita dapat melihat gunung merapi dan merbabu yang tak ingin kalah untuk menampilkan gaharnya.

Disinilah dimana waktunya kita bersyukur dilahirkan dinegeri yang terhampar surganya, tak elok baginya yang hanya menikmati tanpa mensiasati apa keinginan alam untuk kehidupan kita selanjutnya.

Tanpa kita sadari alam memberikan jaminan kualitas generasi yang akan datang berikutnya, jangan sampai atas dasar ego kita yang menyampingkan seluruh kelestarian alam ini demi segepok uang yang tidak berarti untuk  menjamin pertumbuhan generasi kelak yang akan datang.

 Tak luput dari zaman pembangunan kian membabi buta tidak beraturan bahkan membuat peraturan sendiri yang menentang keinginan alam. Jika alam murka, maniskah sambutan sang senja? Jika kita durja apakah alampun nampak durjaMereka akan tetap memberi jika anda merberi pula.

   Tak hayal banyak orang yang hobi mendakipun lupa akan amanah yang secara tidak langsung alam sampaikan lewat keindahanya,  semoga pengalaman mendaki anda tidak hanya meninggalkan segelintir cerita mania saja tanpa adanya balas jasa pada alam yang memberikanmu kenyamanan. Cukup dengan hal yang ringan, mulai dari jangan menabung sampah di gunung, gunung bukan tempat sampah.

Tips dan Info pendakian Murah Gunung Sumbing dari Bandung
  • Harga tiket kereta Bandung Kutoarjo : 75.000/Orang-Dewasa , Jika dihitung PP berarti 150.000 (Saya beli via Minimarket, sudah termasuk pajak *7000, harga asli 68.000) Beda harga dengan anak balita, akan lebih murah.
  • Jika anda naik Kereta, Beli tiket PP sekalian supaya anda tenang tidak takut kehabisan, Dan kasih jarak 1 hari dari tanggal turun gunung untuk pulang, semisal anda turun dari gunung tanggal 7, belilah tiket dengan tgl berikutnya seperti 8. Antisipasi supaya tenang tidak terburu waktu, ada waktu luang satu hari untuk anda beristirahat.
  • Booking tiket dari jauh hari supaya tidak kehabisan tiket, jika kehabisan terpaksa naik bus jurusan bandung - wonosobo  dari terminal Caheum dengan harga 85.000 dihari normal, dan 100.000 lebih di hari libur panjang, Harga bus Po. Budiman dan Sinarjaya.
  • Anda harus cari info tiket ke terminal di H-7, apalagi jika anda mendaki disaat libur panjang, seperti sesudah lebaran.
  • Saya sarankan naik kereta, karena harga murah dan sudah pasti tetap. Tidak seperti bus yang terkadang nakal menaikan harga tiket yang mahal di jalan
  • Jika anda naik kereta turun di Stasiun Kutoarjo, Dilanjutkan dengan naik Mobil Bus mini atau Elf dengan harga 10.000/orang, bilang saja mau ke wonosobo, nantinya elf tersebut akan mengantarkan ke pasar terdekat untuk menemui Bus menuju wonosobo.
  • Turun di Pasar dan Melanjutkan Bus Wonosobo. dengan harga 35.000/orang (Harga lebaran) bilang mau ke wonosobo dengan tujuan gunung sumbing.
  • Nanti akan diturunkan di kota wonosobo, dan lanjut naik Bus mini Elf dengan tujuan Magelang, dengan harga 15.000. Bilang turunkan saya di Garung Gunung Sumbing.
  • Turun di pinggir jalan tepat di samping Garung ikuti jalan menuju gunung sumbing via garung, nanti tertera ada penujuk jalan. Nanti tanya saja kepada warga sekitar, karena lokasi basecamp sudah sangat dekat sekali.
  • Usahakan Membeli Air Miniral 1500ml di Minimarket, Jika ingin menghemat biaya. Karena harga air cukup mahal di area basecamp.
  • Bayar simaksi dengan harga 5000/10.000.
  • Disediakan jasa sewa kompor dan perlatan mendaki lainya di basecamp.
  • Ojeg berangkat basecamp - pos 1 25.000, turun pos1- basecamp 10.000
  • Pulangnya, anda bisa menyewa mobil warga yang siap mengantar anda ke stasiun atau terminal. Dengan harga 50.000 perorang. Jika anda seorang diri, cari pendaki lainya yang satu tujuan untuk menaiki mobil, supaya harga murah, bisa patungan.

Untuk perljalanan terdekat selanjutnya, jika anda rasa masih banyak waktu anda bisa mampir ke tempat wisata wonosobo, atau tempat unik dataran tinggi dieng yang pastinya tidak kalah indah. Anda bisa pilih dengan cara backpack ngecamp atau menginap di hotel wonosobo. Jika dirasa perjalanan pendakian menuju puncak sumbing melelahkan, ada baiknya anda untuk beristirahat sejenak. Jangan sampai anda memaksakan kesehatan anda yang akan berdampak negative kepada kesehatan anda. Bisa juga anda membuat planner selanjutnya untuk mendaki mt sindoro, puncak sindoro pun sangat berkesan untuk didaki.

Sekian saja pengalaman dari saya mengenai Unggulnya Mt Sumbing 3371Mdpl Bukti Nyata Tuhan Cinta Seni, semoga bermanfaat untuk berbagi rencana pendakianmu berikutnya. Jangan lupa jaga kesemalatan anda saat mendaki, dimanapun dan kapanpun keselamatan nomor satu. Selamat mendaki, tetap berhati-hati.


Jika diarasa artikel ini bermanfaat silahkan di share link artikel ini, toh berbagi informasi itu menyenangkan bukan?. Salam  lestari..

Baca artikel menarik lainya:


SUMBING 11 JULI 2016

Perjalanan sudahi dengan senyum diatas awan Gunung Sumbing 3371 Mdpl


Keep safety and explore now.

Penulis Instagram: @bayusatrion
thumbnail
Judul: Keindahan Pendakian Gunung Sumbing Jalur Garung 3371 Mdpl
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Artikel Indonesia, Pendakian, Travel :

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentar dengan BIJAK, TIDAK SARA, Jangan menyinggung kelompok atau ras dan lainya... Dilarang SPAM. Melanggar terpaksa saya DELETE.
Thank.. Tinggalkan komentar.

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy